//
you're reading...
Berita

Imbas Krisis Eropa, Rupiah Bisa Terus Terpuruk

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Pelaksana dan Ekonom Senior Bank Standard Chartered, Fauzi Ichsan, mengatakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS memiliki kemungkinan untuk terus merosot seiring dengan kondisi krisis utang di Uni Eropa (UE).

“Hari ini dollar AS/rupiah ada di Rp 9.200 per dollar AS. Apakah bisa terus terpuruk rupiahnya? Possible,” ujar Fauzi dalam paparan tentang Indonesia di 2011: Di Tengah Ekonomi Global yang Rapuh, di Jakarta, Kamis (24/11/2011).

Kondisi tersebut memungkinkan jika UE, IMF (International Monetary Fund), Bank Sentral Eropa, serta negara-negara Eropa yang bermasalah tidak bisa menyelesaikan krisis utang mereka. Apabila hal itu benar terjadi maka akan memberikan sentimen negatif pada ekonomi global.

Salah satunya berdampak pada investasi pasar modal di Asia, di mana para investor asing akan melakukan aksi jual sahamnya. “Dan SUN (Surat Utang Negara) membeli dollar AS. Otomatis rupiahnya akan seperti itu,” tambah Fauzi.

Perlu Keterbukaan Politik

Menurut dia, kunci dari penyelesaian krisis di wilayah tersebut adalah keterbukaan politik. Fauzi berpendapat, kondisi politik baik itu di dalam negara dan antarnegara anggota UE merupakan alasan mengapa krisis utang di UE sulit untuk diatasi. Sehingga dalam jangka pendek, nilai tukar rupiah juga IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) diperkirakan akan terus volatil atau rentan.

“Tapi kita juga melihat fundamental ekonomi Indonesia dan Asia itu lebih baik daripada Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang,” tambah Fauzi.

Dengan begitu, ia memperkirakan rupiah akan terus menguat ke arah Rp 8.400-Rp 8.500 per dollar AS pada akhir tahun 2012. Hal serupa juga akan terjadi dengan mata uang Asia lainnya.

“Apalagi akan terbantu dengan Indonesia akan menjadi negara investment grade sebelum akhir tahun depan,” ungkap Fauzi.

About JAHAR

Reunited World Muslim

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MY FB

Arsip

MY TWEET

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

November 2011
S S R K J S M
    Des »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d blogger menyukai ini: